Keutamaan Sedekah dan Haditsnya

Baca Juga

sedekah
img:baitalkamil.org

Yang dinamakan shodaqoh ialah memberikan sesuatu kepada orang lain tanpa mengharap imbalan kecuali imbalan dari ridlo Allah.

Hal seperti ini, tentu sangatlah sulit bila di praktekkan. Pada umumnya, orang memberikan sesuatu tentu ia mengharapkan imbalannya.

Nah , Shodaqoh itu mempunyai banyak keutamaan.  Apa saja keutamaan shodaqoh?


  • Membersihkan harta
Rasulullah saw bersabda :
أَلَا إِنَّ الْبَيْعَ يَحْضُرُهُ اللَّغْوُ وَالْحَلْفُ والْكِذْبُ فَشَبُوْهُ بِالصَّدَقَةِ
Artinya: "ingatlah!! Bahwasanya jual beli itu mendatangkan permainan, sumpah , dan dusta. Maka, campurilah dengan shodaqoh" (Tanbihul ghofilin :114)

Tak sedikit orang uang berjualan disertai sumpah serapah hanya untuk mendapatkan untung , hanya agar barang yang ia jual laku. Tak sedikit pula yang berbohong. 

"Ini normal mas barangnya, masih bagus"

Padahal apa, itu barang oplosan. Banyak minusnya. Dipakai baru sebulan, udah rusak.


Nah , sumpah - sumpah seperti ini harus dihilangkan, dikurangi. Karena uang yang di dapat dengan cara kotor juga akan ikut kotor. Kalau dibelikan makanan, berarti itu juga makanan kotor. 

Biasanya hal seperti itu tak sengaja dilakukan. Mengapa di bilang tidak sengaja ? Karena ia sudah terbiasa melakukanya.

Maka dari itu, campurilah dengan shodaqoh. Bersihkanlah hasilmu dengan shodaqoh. Karena kita tak tahu, mana rejeki yang murni halal dan diridloi Allah.

  • Membersihkan badan dari dosa
Allah berfirman :
خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّهِمْ بِهَا
Artinya : "ambillah shodaqoh (zakat) dari sebagian harta mereka, dengan shodaqoh itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka" (Q.S At-taubah: 103)

Dalam keseharian, tentu kita tak akan bisa luput dari dosa. Dosa itu bisa timbul dari mana saja. Baik itu dari mata, lisan ataupun telinga.

Nah , dengan kita bersedekah maka, Allah akan membersihkan dosa kita. Meskipun, itu hanya berupa dosa antara kita dengan Allah. 

Dan dosa sesama manusia tentu saja tetap harus minta maaf kepada yang bersangkutan.
  • Menolak musibah dan sakit
Di dalam kitab Tanbihul Ghofilin disebutkan perintah , 
دَاوُوْا مَرْضَكُمْ بِالصَّدَقَةِ
Artinya: "Obatilah orang - orang sakit dengan shodaqoh"

Hal seperti ini, kalau di desa sudah sering kita jumpai. Ketika ada orang yang sakit berkepanjangan, maka ia akan mengundang tetangga - tetangganya untuk acara sedekahan.

Nah acara seperti itu biasanya bertujuan untuk meminta doa agar yang sakit segera diberikan kesembuhan serta dijauhkan dari musibah.

Contoh seperti ini, biasanya sudah turun temurun sejak dahulu. Karena tentunya ulama' zaman dahulu itu sudah bener - bener pintar dalam ilmu agama, dan tak hanya sekedar memerintahkan saja.

Disamping itu, juga untuk melestarikan budaya leluhur. Contohnya saja dengan diadakan acara seperti gunungan, bersih desa dan sebagainya.

Adat istiadat seperti itu jangan sampai di hilangakan begitu saja. Karena itulah budaya asli kita . Budaya yang bercamlur dengan agama.
  • Membahagiakan orang miskin
Era modern seperti sekarang ini, sangat sedikit orang yang bersimpati dengan tetangga. Terkadang malah begitu jelas perbedaan antara si kaya dan si miskin.

Akibatnya, yang miskin makin miskin, dan yang kaya makin kaya saja. Karena mereka tak peduli dengan tetangganya. Ataupun dengan saudaranya.

Ketika hal itu terjadi, maka yang miskin dan imanya tak kuat, dengan segala cara mereka akan mengambil barang si kaya. Karena merasa iri dan juga dengki. 

Dirasa, bahwa dia sombong dan tak peduli dengan orang lain. Bisa juga dikarenakan kebutuhan mendesak, dan tetangganya tak ada yang peduli, misal anak sedang sakit atu hal yang lain, dan tetangganya tidak peka, maka jalan satu - satunya ya mencuri milik orang lain.

Bayangkanlah bila semua orang rajin sedekah, peduli dengan tetangga , maka pencurian dan lain - lain juga akan jarang terjadi. Karena hiduo mereka juga dirasa cukup.
  • Membuat harta menjadi berkah dan rizki menjadi lapang
Yang dinamakan berkah itu ialah bermanfaat. Jadi , apabila kita mau bersedekah maka rezki kita menjadi bermanfaat. 

Sedekah itu tak harus berupa materi saja, bisa dengan ilmu, bisa juga dengan tenaga.

Semoga kita senantiasa di beri kelapangan hati untuk ringan dalam bersedekah.
loading...

Related Posts:

0 Response to "Keutamaan Sedekah dan Haditsnya"

Post a Comment