Keutamaan bulan dzulhijah

Baca Juga


Bulan dzulhijjah juga disebut bulan haji. Karena , pada bulan ini , umat islam di seluruh dunia bersama - sama menunaikan ibadah haji. Tentunya , bagi yang mampu saja.

Selama 40 hari mereka menunaikan ibadah di tanah suci hingga mencapai puncaknya yaitu hari raya idul adha (idul kurban).

Oleh karena itu , maka bulan dzulhijah termasuk bulan mulia. Dan tentunya terdapat beberapa keutamaan.

Diriwayatkan dari Ibnu abbas R.A , Rasulullah SAW bersabda "tidak ada hari-hari yang bila beramal shalih itu lebih menyenangkan untuk Allah daripada hari ini. Yaitu sepuluh hari bulan dzulhijah"

Rasulluh juga bersabda :

مَا مِنْ أَيَّامٍ اَحَبَّ اِلَى اللَّهِ اَنْ يُعْبَدَ فِيْهَا مِنْ عَشْرِ ذِى الْحِجَّةِ يَعْدِلُ صَوْمُ كُلِّ يَومٍ مِنْها صِيامَ سَنَةٍ وَقِيامُ كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْها قِيَامَ لَيْلَةِ الْقَدْرِ
Artinya : "tidak ada hari yang lebih menyenangkan dimata Allah bila dipakai untuk beribadah , daripada sepuluh hari di bulan dzulhijjah. Puasa di bulan dzulhijjah itu , sama dengan puasa satu tahun. Dan bila beribadah di malam hari bulan dzulhijjah itu , ada yangbmenyamai malam lailatul qadr.

Jadi , tak harus menunggu bulan ramadlan untuk menemui lailatul qadr. Karena di bulan dzulhijjah ada malam yang menyamai (tingkatan kemuliaanya) malam lailatul qadr.

Dan malam itu juga terdapat pada 10 hari di awal bulan dzulhijjah.

Melakukan amal shalih di hari awal bulan dzulhijjah sangat di anjurkan oleh rasulullah. Misalnya ialah puasa tarwiyah dan arafah.

Puasa tarwiyah adalah puasa yang dilakukan pada tanggal 8 dzulhijjah
Puasa arafah adalah puasa yang dilakukan pada tanggal 9 dzulhijjah

Puasa ini dilakukan karena pada tanggal 8 dan 9 ini para jamaah haji sedang menikmati beribadah haji. Maka, kita disunnahkan untuk berpuasa , dan juga harapanya kita bisa mengikuti mereka semua pergi ke tanah suci untuk imelakukan ibadah haji juga.

Baca juga : makna dan keutamaan shalat tahajjud

Abu qatadah rahimahullah meriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda :

صَوْمُ يَوْمِ عَرَفَةَ يَكْفُرُ ثَنَتَيْنِ مَاضيَةَ وَمُسْتَقْبِلَةَ
Artinya : "puasa hari arafah itu bisa melebur dosa dua tahun. Yaitu dosa kita setahun yang telah lalu, dan dosa setahun yang akan datang. (H.R Muslim)

Disamping itu , pada bulan dzulhijjah juga sangat di anjurkan untuk menyembelih hewan qurban.

Tentunya hal ini juga untuk orang-orang yang mempunyai keluasan rejeki saja. Hal ini sesuai dengan kisah nabi Ibrahim yang telah menyembelih nabi Isma'il R.A. karena beliau di beri wahyu oleh Allah SWT. Akan tetapi akhirnya nabi Isma'il di ganti menjadi kambing karena ketaatan ayahnya.

Sayyidina Ali karramallah wajhah meriwayatkan sebuah hadits.
"Barang siapa keluar dari rumah untuk membeli hewan qurban. Maka, setiap jangkahnya dihitung sepuluh kebaikan , dan melebur sepuluh kejelekan serta menaikkan sepuluh derajat hidupnya. Ketika berbicara untuk membeli hewan qurban, maka bicaranya dianggap tasbih. Dan ketika membayarnya , tiap satu dirham menjadi seratus kebaikan"

Ketika hewan tersebut disembelih , maka hewan lainya juga ikut serta memaafkannya, dan setiap tetesan darah akan menjadi malaikat yang memohinkan ampun kepada orang yang berkurban

Maka, marilah sama - sama kita berniat dan berdoa semoga kita bisa melaksanakan ibadah qurban.

Semoga bermanfaat.
loading...

Related Posts:

0 Response to "Keutamaan bulan dzulhijah"

Post a Comment