Fadzilah Istighfar

Baca Juga


Apakah yang dimaksud Istighfar ?

Istighfar adalah kata yang dimaksud untuk mohon ampunan . Atau bisa juga di maknai dengan doa.
Ketika seseorang menyuruh kita mengucap istighfar , berarti kita disuruh berdoa memohon ampun.

Kepada siapa kita memohon ampun ? Tentu saja kepada Allah SWT yang telah menciptakan makhluk alam beserta isinya. Nah lalu biasanya kata istighfar tersebut menjadi kalimat "Astaghfirullah" / استغفرالله artinya "saya memohon ampunan kepada Allah"

Kalimat ini biasanya oleh umat islam dibaca berulang - ulang. Karena sudah sepatutnya kita menyadari bahwa kita terlalu banyak dosa , kita terlalu banyak salah. Ada dalil yang mengatakan bahwa " manusia adalah tempat salah dan lupa " .
Salah dalam hal apa ? Hal apa saja kita selalu salah.
Misal dalam hal rizki , kita kurang bersyukur . Dalam hal ibadah , terkadang kita sering melalaikan ibadah. Padahal kita sudah diberi segala hal oleh Allah , akan tetapi kita melalaikan perintah - Nya . Maka dari itu kita harus sering - sering membaca istighfar , berdoa memohon ampunan kepada Allah.

Nabi Muhammad SAW bersabda :

  • Segala penyakit pasti ada obatnya , obat untuk dosa adalah istighfar
Dosa ataupun salah kita disini diumpamakan sebagai penyakit . Orang sakit sudah pasti mencari obat , nah obat untuk dosa kita yaitu dengan memperbanyak membaca istighfar. 

Istighfar ada banyak kalimatnya , ada yang cukup " astaghfirullah " / استغفرالله  , "astaghfirullahal 'adzim" / استغفرالله العظيم , "astaghfirullahal adzim wa atuubu ilaih" atau استغفرالله العظيم واتوبو اليه

Akan tetapi ada kalimat istighfar yang lebih utama atau disebut Sayyidul Istighfar : 

Doa istighfar

Allahumma anta rabbi , Lailaaha illa anta. Kholaqtanii wa anaa 'abduka , wa anaa 'ala 'ahdika wawa'dika mastato'tu a'udzubika min syarri ma sona'tu . Abu u laka bini'matika 'alayya , wa abu u bidzanbi. Faghfirli fa innahu laa yaghfiruddzunuba illaa anta .


Lalu apa fadzilah istighfar selain untuk mohon ampun ?

Fadzilah istighfar selain untuk mohon ampunan yaitu ,

  • Sebagai pembuka rizki dan membukakan segala kesulitan
Nabi bersabda : 
                             كثرة الاستغفر تجلب الرزق

Artinya : "orang yang memperbanyak membaca istighfar itu akan menarik rizki "

Sabda nabi yang lain : 

فمن اكسر من الاستغفر جعل الله له من كل غم و هم فرجا ورزقه من حيث لا يحتسب

Artinya : " orang yang memperbanyak membaca istighfar , Allah SWT akan membukakan atau menghilangkan segala kesusahan dan kesulitan kita . Lalu Allah SWT akan memberikan rizqi dari jalan yang tak terduga " 

Orang yang melakukan dosa sudah sepatutnya memperbanyak membaca istighfar , karena kita tidak tau sudahkah Allah memaafkan kita ? , diterima atau tidak ibadah kita ?
Nah ketika ibadah kita diterima oleh Allah , lalu dosa kesalahan kita diampuni oleh Allah , akan tetapi kita senantiasa membaca istighfar , maka Allah akan memberikan kita rizki yang tak terduga , dihilangkan segala kesusahan kita.

Ketika rizqi kita sedikit , dan doa kita belum dikabulkan.
Berfikirlah .....!! Renungkanlah . !!
Apa dosa kita ?
Mengapa tak dikabulkan segala doa kita ?
Ketika sudah sadar , segera mohon ampun kepada - Nya

Orang yang meminta kepada orang lain , akan tetapi ia punya salah kepada orang tersebut , sudah pasti sulit untuk mengabulkan permintaanya. Meskipun tak sedikit orang yang pemaaf , akan tetapi sudah sewajarnya kita meminta maaf dahulu baru meminta yang lain .

Jadi , sudahkah anda membaca Istighfar hari ini ?



Sumber : kitab tanqihul qaul
loading...

Related Posts:

13 Responses to "Fadzilah Istighfar"

  1. Makasih infonya jadi tambah tegar lagi

    ReplyDelete
  2. blog yang gini nih bermanfaat sekali utk urusan dunia maupun akhirat, lanjutkan

    ReplyDelete
  3. bagus artikelnya.teruskan...nice

    ReplyDelete
  4. bagi orang yang mengerti, ia akan mewajibkan dirinya istigfar setiap hari...btw, tq infonya gan...terimakasih telah mengingatkan...salam

    ReplyDelete