Fadzilah Wudlu

Baca Juga


Mengapa kita harus Wudlu ?

Wudlu adalah mensucikan diri dari hadats kecil. Hal ini dilakukan ketika kita mau menjalankan suatu ibadah yang itu harus dengan syarat suci dari hadats / najis.
Misal : sholat , membaca alquran , dll

Hadats kecil ini ialah berupa kotoran. Kotoran manusia ini keluar dari 3 jalan :


  • Melalui air seni
  • Melalui keringat
  • Melalui buang air besar
Maka dari itu , agar bersih dari kotoran ketika menghadap Allah SWT kita harus wudlu dahulu , supaya diri kita ini suci atau bebas dari kotoran di mata Allah.

Allah SWT juga berfirman :  " hai orang - orang yang beriman , ketika kamu hendak menjalankan sholat , basuhlah wajahmu , kedua tanganmu hingga sampai siku , dan basuhlah kedua kakimu hingga mata kaki , dan jika kamu mempunyai hadats besar (junub)
Maka bersucilah , dan jika kamu sakit atau sedang bepergian atau datang hajat (BAB) , atau memegang seorang perempuan. (Q.S al maidah : 6 )

Itulah perintah Allah betapa pentingnya melakukan wudlu.


Keutaman Berwudlu

Wudlu itu merupakan anjuran dari nabi Muhammad SAW .
Nabi bersabda :
من توضاا للصلاة وصل كفرالله ذنوبه ما بينه وبين الصلاة الاخر
Artinya : orang yang melakukan wudlu dikarenakan mau menjalankan sholat , dan kemudian ia sholat , maka Allah menghapus dosa orang itu , dari sholat yang sudah ia jalankan hingga sholat yang akan datang.

Dosa orang yang berwudlu diibaratkan jatuh ketika ia melakukan wudlu , nah ketika ia menjalankan sholat , ia juga senantiasa berdzikir , ingat kepada Allah . Dengan begitu Allah senantiasa menjaganya dari perbuatan buruk . Dengan catatan orang tersebut menjalankan segalanya dengan ikhlas dan sepenuh hati.

Dalam hadits lain Nabi Muhammad SAW  juga bersabda : 
  • Orang yang tidur dengan membawa wudlu ( masih suci ) , lalu ia meninggal dunia selagi tidur , maka ia tergolong orang yang mati syahid
Imam bukhori muslim juga berkata : " orang yang senantiasa berwudlu , ketika hari kiamat wajah orang tersebut akan bersinar menampakkan cahaya " 

Akan tetapi , orang yang tidak mau wudlu ketika menjalankan sholat ia akan dilaknat Allah . Seperti yang diceritakan dalam kitab "Irsyadul Ibad " 

Hikayah orang yang tidak berwudlu

Shahabat ibnu mas'ud R.A menceritakan : 

Bahwa ada seorang umat dari beberapa umat yang ketika di dalam qubur ia disiksa oleh para malaikat . Ia dipukul terus menerus oleh para malikat tersebut hingga 100 kali. 

Nah, karena hal tersebut terus berulang - ulang maka ia berdoa kepada Allah SWT , memohin ampunan kepada Allah 

Setelah itu maka Allah menjadikan 100 pukulan itu menjadi 1 pukulan. Dan didalam kubur orang tersebut penuh dengan api neraka.

Lalu, ia bertanya kepada malaikat : 
Mengapa kalian semua memukuliku ? 

Malaikatpun menjawab : karena dahulu engkau pernah sholat dan tidak mau berwudlu dahulu. Dan engkau juga pernah bertemu orang teraniaya akan tetapi engkau tak mau menolongnya.


Semoga bermanfaat .

Sumber : kitab tanqihul qaul dan Irsyadul ibad
loading...

Related Posts:

16 Responses to "Fadzilah Wudlu"